Minggu, 16 Oktober 2016

TEMPAT WISATA LOW BUDGET DI KABUPATEN PANGKEP

Yaps...
Kab.Pankep adalah sinkatan dari kabupaten Pangkaje'ne dan Kepulauan
Pangkep ini juga di kenal sebagai kabupaten 'TIGA DIMENSI' karena terdiri dari,Daratan,Lautan dan Pegunungan.
Kabupaten ini di perkirakan memiliki luas 12.362,73 Km² dengan luas wilayah daratan 898,29 Km² dan wilayah laut 11.464,44 Km².(wikipedia)
Bahasa lokal penduduk terbagi dua yaitu Bugis dan Makassar.
kab.Pangkep juga memiliki beberapa tempat wisata alam,atau sekedar tempat nongkrong yang bisa dikatakan cukup murah untuk bersantai bersama teman,keluarga,atau pasangan anda.
seperti beberapa tempat berikut:


  1.  LEANG KASSI
    Tempat ini cukup terkenal di kab.pangkep selain karena keindahanya juga karena nilai sejarahnya Leang Kassi yang terletak di kec.Minasete'ne. kel.Biraeng ini menawarkan wisata alam seperti berendam di kolam yang airnya berasal dari mata air didalam gua tepat di bawah gunung kars yang di tampung di dalam kolam dengan ukuran luas kira-kira 10X7m.dan kedalaman 1mtr.
    juga gua prasejarah tepat di sisi kiri kolam lengkap dengan bekas Stalaktit dan Stalagmit khas gunung kapur,di sekitarnyapun masih banyak Leang(liang) yang juga syarat akan nilai sejarah.
    disini juga menyediakan tempat terapi ikan dengan tarif sekitar Rp.10.000/jam maka kawanan ikan Garra Rufa siap membersihkan kaki anda.
  2. LEANG LONRONG
    Nah....
    Masih di kecamatan Minasete'ne walau dengan jarak yang cukup jauh dari Leang Kassi tadi
    Leang Lonrong  ini terletak di desa Panaikang kec.Minasate'ne. Tempat ini menawakan keindahan alam khas pegunungan,Pohon hijau,Batu-batu besar,Untuk mencapai lokasi ini di butuhkan pejuangan yang lumayan menguras tenaga,Pasalnya kita harus berjalan kaki sejauh kira-kira 250mtr. Dengan kontur jalan mendaki walau tidak telalu terjal.Namun sesampainya di lokasi mata pengunjun akan di manjakan pemandangan sejuk air yang mengalir dari dalam Gua yang di tampung oleh 2 kolam dengan kedalaman sekitar 70cm.Disini juga tedapat 2 Gazebo dan jembatan kayu yang keren untuk foto-foto.Selain untuk berendam dengan air pegunungan,Di tempat ini juga sebenarnya menawarkan wisata susur Gua,Namun hal itu tidak di perbolehkan lagi
  3. BARUTTUNG

    (ilustrasi gambar)




    Masih tentang air dan Gunung,kali ini berlokasi di kec.Tondong Tallasa,Lokasi wisata alam BARUTTUNG memang di akui sangat indah oleh pengunjung yang datang kesini,Namun kadang keindahan itu di capai setelah kerja keras,Begitulah kira-kira dengan tempat ini,Selain karena lokasinya yang cukup jauh dari kawasan kota Pangkep,Juga medan terjal dan berkelok seperti jalan di daerah pegunungan pada umumnya,Namun pemandangan indah dalam perjalan selalu memberi kejutan,
    Dengan jarak sekitar 35Km.dari kota Pangkep tentu bukan hal yang mudah untuk kesana mengingat jalan pendakian yang di lalui cukup menantang,
    Air terjun Baruttung masih sangat terjaga kealamiannya,hanya tangga yang di buat untuk memudahkan akses pengunjung kelokasi,belum ada bangunan tambahan.
    Segarnya air yang mengalir di celah-celah batu sangat nyaman untuk sekedar mandi atau merendam kaki,Atau sekedar berfoto dengan suasana air,batu dan pepohonan,
    NB:Saya dan 2 pengunjung hari itu kehilangan helm disini,jangan sampai anda ngikut
  4. LAPANGAN GOLF TONASA 1
    Terletak di kecamatan Balocci,Lapangan Golf milik perusahaan Semen Tonasa ini adalah lapangan Golf pertama di kabupaten Pangkep dengan luas sekitar 10hektar.
    hijaunya rumput yang tertata rapi serta rindangnya pepohonan dengan berlatarkan pegunungan sangat cocok untuk melakukan aktifitas Fotografi,
    pengunjung yang datang kebanyakan kaum muda-mudi yang berpasang-pasangan,
    tak jarang lokasi ini di pakai sebagai foto Prawedding.
  5. PELABUHAN MACCINI BAJI

    Jika ingin bersantai di sore hari sembari menikmati momen terbenamnya matahari,tempat ini layak anda kunjungi,dermaga yang cukup panjang ini selalu ramai di kunjungi saat sore hari,ada yang sekedar duduk-duduk dan bersantai bahkan ada yang sengaja datang untuk memancing dilokasi ini.
    Beberapa pulau juga dapat terlihat jelas dari sini seperti pulau wisata Cambang-cambang,pulau Saugi,satando,pulau Sapuli,dan masih banyak lagi.
    jika akhir pekan pengunjung di pastikan makin banyak,dengan jarak sekitar 13km.dari kota Pangkep tempat ini tentu bisa jadi pilihan untuk nikmati senja.

    Nanti ane sambung 5 aja dulu....
    Is'ad Muhammad,Tamalanrea,17,10,2016

2 komentar: